z4)Prasasti kota Kapur n Karang berahi
      isi prasasti mbwa pd ksimpulan :
a)Prasasti kedukan bukit,talang tuo,telaga batu yg ditemukan di dkt palembang mnceritakn brdirinya krajaan sriwijaya pd thn 683 M
b)Prasasti kota kapur n karang berahi yg dtmukan di Bangka n Jambi mncritakn wilayah kekuasaan Sriwijaya smpai ke pulau bangka n Melayu 
Ciri2 umum dlm sejarah
1.
pristiwa sejarah itu abadi
2.
pristiwa sejarah itu unik
3.
pristiwa sejarah itu penting



Sejarah mempunyai sifat yg spesifik dibanding ilmu lainya antara lain :
1)Masa lalu yg dilukiskan scr urutan wkt/kronologis
2)Adanya hubungan sebab akibat/ kausalitas
3)Pristiwa sejarah myangkut masa lampau,masa kini,masa yg akan datang
4)Kebenaran brsifat smentara(hipotesis) yg akan gugur apbila ditemukan data pmbuktian yg baru

Ilmu bntu sejarah :
1)Arkeologi : pninggalan sejarah purbakala
2)Numismatik : mata uang
3)Geologi : komposisi,stuktur, & sejarh bumi
4)Palaeologi : lingkungan alam zaman purbakala
5)Antropologi : kebudayaan manusia


6) Ceramologi : ilmu yg mpelajari ttg keramik
7) Ekonografi : ilmu yg mpelajari ttg patung
8) Epigrafi : ilmu yg mpelajari tulisan kuno
9) Fitologi : ilmu yg mpelajari bhasa dr brbagai bangsa

Sejarah sbg peristiwa :
Peristiwa : sebuah gerak yg trjd pd suatu masa & mgakibatkan peristiwa lainnya.
Peristiwa dlm cakupan sejarah : sgala s’suatu yg tlah brlangsung pd wktu yg tlah lalu & mnimbulkn akibat pd khidupan mnusia pd wktu itu & masa setelahnya.

Contoh
1)Peristiwa perang yg disebabkn oleh konflik militer yg tdk dpt diselesaikn 2 negara yg bersengketa
2)Peristiwa politik merupakn peristwa khidupan mnusia yg brkaitan dgn kekuasaan
3)Peristiwa ekonomi mrupakn peristiwa yg mgambarkan kegiatan masy yg brkaitan dgn aspek2 ekonomi
4) Peristiwa keluarga

Kesimpulan
Peristiwa sejarah pd dsrnya mrpkn s’suatu yg obyektif & suatu kenyataan,kjadian,aktualitas yg bnr2 trjd pd masa lalu


1)Edward Hallet Carr sejarah adalah suatu proses interaksi terus mnerus antara sejarawan dgn fakta2 yg ada padanya,suatu dialog tiada henti2nya antara masa skarang & masa silam
1
n2) Robert V. Daniels, sejarah adalah kenangan pengalaman manusia
n3) J. Bank, sejarah adalah semua peristiwa masa lampau,sejarah dpt mbantu manusia untuk memahami perilaku mnusia pd masa lampau,masa sekarang,n masa akan datang
n4) Taufik Abdullah sejarah hrs di artikan sbg tindakan mnusia dlm jangka wkt t’tentu pd msa lampau yg dilakukan di tmpat t’tentu

n5) Muh. Yamin : sejarah adalah ilmu pengetahuan umum yg berhubungn dgn crita bertarikh sbg hsil pnafsiran kjadian2 dlm masy manusia pd wkt yg tlah lampau/tanda2 yg lain
n6) Moh. Ali ( dlm buku pngantr Ilmu Sejarah ) menyatakn sejarah adalah :
    a) jumlah perubahn2,kjadian/pristiwa dlm kenyataan di skitar kita


n  b) cerita ttg perubahan2,kjadian/pristwa dlm kenyataan di skitar kita
n  c) ilmu yg bertugas menyelidiki perubhan2 kjadian & pristiwa dlm kenyataan di skitar kita
  7) W.J.S. Poerwadarminta dlm KUBI mengunkapkan sejarah adalah :
      a) silsilah/ asal-usul


nb) kjadian/pristiwa yg bnr2 trjd pd msa lampau
n c) ilmu,pgetahuan, crita plajaran ttg kjadian/pristiwa yg bnr2 trjadi
8) Sidi Gazalba, sejarah adalah gmbaran masa lalu ttg mnusia & skitarnya sbg makhluk sosial yg disusun scr ilmiah & lengkap, mliputi urutan fakta masa trsbut dgn taksiran & pnjlasan yg mbrikan pgrtian & kpahaman ttg apa yg tlah brlalu itu


9) R.G. Collingwood : sejarah adalah sjenis bntuk pnelitian/suatu penyiasatan ttg perkara2 yg tlah dilakukan o/ manusia pd masa lampau
10) Herodotus : sejarah adalah satu kajian u/ mncritakn satu kitaran jtuh bngunnya seseorang tokoh,masy,& pradaban


11) Aristoteles : sejarah merupkan satu sistem yg mengira kjadian trsusun dlm bntuk kronologi & smua pristiwa masa lalu mempunyai catatan & bukti2 yg kuat
12) Ibnu Khaldun : sejarah adalh catatan ttg masy umat mnusia/pradaban dunia & ttg perubhan2 yg trjd pd watak masy. itu

n13) Beverley Southgate : suatu studi masa lampau,
n14) Robin Wink : studi ttg manusia dlm khidupan masy.
n15) Sir Charles Fith : rekaman perubahan masy.yg terus mnerus

16) John Tosh : memori kolektif, sumber pengalaman melalui pengembgn suatu rsa identitas sosial & prospek orang2 pd masa yg akan dtang

Kesimpulan
Sejarah adalah studi ttg mnusia sbg individu & klompok dlm konteks wktu & ruang
Sejarah adalah studi ttg kehidupn masy.yg sll mgalami perubhn


1) kegunaan edukatif (mberi pendidikan)
      mnrt C.P Hill fungsi pgajarn sejarah   adlh :
    a) mmuaskn rsa ingin tahu mgenai orang lain,para pahlawan,&membangkitkn kekaguman ttg khidupn pd msa lampau
    b) mwariskn kebudyaan umat mnusia
    c) mbantu mgembangkan rsa cinta tanah air di kalangan para siswa
Pristiwa sejarah memiliki nilai2 brharga bagi kehidpn diantaranya adalh :
Nilai kebenaran : perlawanan para pjuang u/mnegakkan kebenaran yaitu mmperjuangkan kmerdekaan
Nilai keadilan : ketika bertindak hrs bersikap adil apalg jika mnjd seorang pemimpin
Nilai kejujuran : pd umumnya pguasa yg mnindas adlh penguasa yg tdk jujur

Nilai keberanian : dlm mprjuangkn cita2 yg positif, keberanian u/mnjd bangsa yg maju
Nilai rela berkorban : brjuang bkn hanya u/ dri sndiri tp u/ kpentingan masyarakt.perjuangan trsbt jg mmbutuhkan bnyk pgrbanan mis : dipenjara, di asingkn,dibuang ke daerah lain

2) kegunaan instruktif (mberi pgajaran)
      brmksud mberikan plajarn mgenai suatu ktrampilan/pengetahuan (intruksi). Misalnya dlm pengajarn slh satu kjuruan/ktrampilan sperti teknologi,prsenjataan,jurnalistik,taktik militer dll

3) kgunaan inspiratif (mbri ilham)
        tindakn kpahlawnan & pristiwa2 gmilang dimsa lmpau dpt mgilhami kita agar mnctuskn pristiwa bsr jg. Studi sejarah pd satu sisi dpt dmgerti u/ mndptkn ide2 maupun knsep yg berguna dlm pmcahan mslah msa kni di lain pihak pnting u/mndptkn inspiratif(ilham)& smangt u/mwjudkn identitas sbg sbuah bgsa yg brada di antara bgsa lain

Cntoh :
a)candi2 yg dbangun o/ para raja,relief2nya dpt mmberikan inpirasi bgi pengmbagn sni rupa
b)Mode pkaian
c)Bangunan2 fisik :restoran,hotel,tmpat hiburan
d)Alat2 yg dgunakn : meja,kursi,dinding

4) kgunaan rekreatif (mbri ksenangn)
        brawal dr mkna sejarah sbg suatu krya seni,sejarah dpt mbwa pmikirn&byangan seorang pmbca pd suatu era dmn suatu pristiwa lama trjd shinga pmbca seakan mngetahui pristwa itu scr lngsung.
    dgn kata lain blajr sejarah mnjadikn kita bijaksana,terhibur, brwawasn luas,mmliki smgt patriotisme yg tinggi

Dgn dmikian kita akn mmiliki karakteristik sbg mnusia Indonesia yg :
1)Dpt brgaul antar bngsa
2)Cinta tnah air & bngsa
3)Mnyenangi iptek
4)Dsiplin & mnghargai wktu
5)Suka bkerja keras
6)Mmliki ktrampilan tinggi

demokratis
8) sadar & mghormati hkum
9) hemat & produktif
10) kreatif & inovatif
11) trbuka trhdap kmajuan
12) mmpu bkerja sama

5) mbrikn ksadaran wktu
       yg dmksud adlh khidupn dgn sgala prubahan,pertumbuhn,& prkmbangn yg trus brjln( ksadrn gerak sejarah).ksadarn trsbut mmandang pristiwa sejarah sbg sesuatu yg trus brgrak dr masa silam brmuara ke msa kni & brlnjut ke masa dpn

6) Mperkukuh rasa kbangsaan (nasionalisme)
    sbg cntoh bgsa Indonesia mmiliki zaman ke emasn pd jamn sriwijaya, mataram hindu budha, & majapahit n pnah mgalami msa pnjjahan slama ratusan taun. Prjlnn sejarah trsbut mnjd ingatn kolektif yg pdt mnimbulkn rsa solidaritas n mprtebal smagat kbangsaan

Masy. Prasejarah dlm mwariskan masa lalunya dilakukn dgn berbagai cara :
a)Mlalui platihan : dgn mgajarkn apa yg dmliki o/ gnerasi sblmnya kpd gnerasi brikutnya
     hal ini dilakukn nenek moyang brhubgn dgn mslh ekonmi, sosial, maupun kpercayaan
Mslh eknomi : pmbuatn brang,batu,logam,agar dpt dperjual belikn



Masalah sosial : bhub dgn status sosial mlalui platihn kpemimpinan yg dtrunkn dgn cara yg dmokratis.
Masalah kpercayaan : pembuatan menhir, dolmen atau nekara
b) Mlalui karya2 yg brupa alat2 khidpn,sarana ibadah, upacara2 tradisional, lagu2, tarian, dongeng, n pmbuatan alat n bangunan



Tradisi lisan antara lain : mitos,legenda, n dongeng.
Dlm bntuk mitos n legenda sulit memishkn antra fakta dgn kpercayaan yg dtafsirkn o/masy sblm mgenal tlisan


Tradisi khidupn masy.prasejarah/pra-aksara dr hasil kebudayaan dibedakn mjd 4



a.Zaman hidup brpindah2 (nomaden)
  mnusia purba blm mgenal cra brcocok tnam, sgt trgntung pd alam. Keadaan sprti ini dknal dgn msa food gathering (masa mgumpulkn mkanan)
b. Zaman hidup mnetap
  pada zman ini mnusia brpola hidup food producing, yakni mgusahakn bercocok tanam dgn mmnfaatkn ladang






c) Zaman megalitikum :
  alat2nya trbuat dr batu bsr sperti menhir,dolmen, sarkofagus.
  menhir : tugu batu bsr sbg tmpat pmujaan roh nenek moyang
  dolmen : meja bsr yg trdpt di bondowoso jatim
  sarkofagus : peti batu bsr yg trdpt di Sulawesi (waruga)
 


Zaman logam : jman ini dknal dgn jman kmahirn teknologi,mrk sdh mampu mbuat alat dr logam (budaya dongson). Jnis bnda yg dtinggalkn :
-Nekara (bali,pulau roti,alor,kei,n papua)
-Kapak corong/kapak sepatu (sumatra,jawa,bali,pulau selayar,n papua)
-Arca perunggu (riau,bogor)
-Perhiasan dr perunggu,besi,n manik2




2) Tradisi sejarah pd masy.sblm mgnal tlisn
  pgertian tradisi brkaitn dgn hal2 :
-Msa lampau/sejarah
-Kbudayaan
-Pelestarian kbudayaan
-Cara n proses pnerusn kbudyaan dr gnerasi dahulu ke gnersi slanjutnya


Cntoh tradisi lisan yg trpnting :



a) Crita rakyat :
Dr smua jnis tradisi lisan,crita rakyat adh yg pling bnyk dteliti o/para ahli. Mnrt William R.Boscom crita rkyat trdiri ats 3 jnis yaitu mitos,legenda,n dongeng
b) pribahasa(ungkpn trdisional) :
Mnrt Cervantes : kalimat pndek yg disarikn dr pglmn yg pnjang




Mnrt Bertrand Russel : kbijksanaan orang bnyak yg mrpkn kcerdasan seseorang,mskipun ungkpn tradsional mrpkn mlik suatu kolektif,namun yg mguasainya scr aktif hanya bbrapa orang
Misalnya : pepatah bali “ yen melali aluthan dan takhut selem,yg artinya brani brmain dgn arang, jgn tkut mnjd hitam, jika kita brani mghadapi bahya kita jg hrs brani mghadapi resikonya





c) Nyanyian rakyat :
Mnrut Jan Harold Brunvand nyanyian rkyat adlh slh satu bntuk folklore yg terdiri dr kata2 n lagu2 yg bredar scr lisan di antara anggota masy.& brmcam bntuknya .
Nyanyian rakyat trdiri atas nyanyian yg dpt mgugah smgt n nyanyian permainn


Khidupn prasejarah mgalami perkembngn, brlangsung dr yg sderhana sampai yg kompleks. Mnrt Brandes ada 10 unsur kbudyaan



Unsur2 kbudayaan trsebut :
Pertanian,kmampuan berlyar, mgenal astronomi, sistem macapat, ksenian wayang, seni gamelan, seni mbatik, sistem kmasyarakatn, sistem ekonomi, sistem kpercayaan



Jejak sejarah yg trdpt dlm folklore,mitologi,legenda,upacara, & lagu dr brbagai mcm daerah di Indonesia



Slain jejak brupa benda, pd masa prasejarah jg brkmbang informasi/ jejak sejarah yg brsifat lisan yaitu folklore,mitologi,legenda,n lagu daerah
a)Folklore :
  adat istiadat tradisional n crita rakyat yg dwariskn  scr trun tmurun & tdk dbukukan mrpkn kbdayaan kolektif yg trsbar n dwariskn trun tmurun.




b) Bag dr kbdyaan yg dsbarkn n dwariskn scr tradisional, baik dlm bntuk lisan maupun cntoh yg dsertai dgn gerak isyarat/alat bntu pengingat
Dlm mmpelajari kbudayaan kita mgenal 7 unsur kbudayaan yaitu :
-Sistem mata pncaharian hidup (ekonomi)
-Sistem pralatan n perlengkapn hdup (teknologi)
-Sistem kmasyarakatn



-Bahasa
-Ksenian
-Sistem pngetahuan
-Sistem religi
Mnrt koentjaraningrat stiap unsur kbudayaan universal trsbt mmpunyai 3 wjud :
1)Wjud sistem budaya : brupa gagasn,kpercayaan,nilai2,norma,ilmu pgetahuan,dsb





2) Wjud sistem sosial : brupa tindakan sosial,prilaku yg brpola(upacara,kbiasaan,tata cara dsb)
3) Wjud kbudayaan fisik
Jan Harold brunvand (ahli folklore AS) mmbagi folklore dlm 3 klmpok bsr brdsr tipe yaitu :
Folklore lisan, sebagian lisan,bkn lisan
1)Folklore lisan dknal jg sbg fakta mental (mentifact)yg mliputi :
   a) bhsa rakyat sprti logat bhsa(dialek)



b) ungkpn tradisional : pribahasa n sindiran
  c) pertanyaan tradisional ( teka teki)
  d) sajak n puisi rakyat : pantun n syair
  e) crita prosa rakyat, dbgi dlm 3 golongan bsr yaitu : mite (myth),legenda(legend),n dongeng
  f) nyanyian rakyat :
2) Folklore sebagian lisan dknal jg sbg fkta sosial (sosiofact) yg mliputi :
   a) kpercyaan n takhayul
  
b) ungkpn tradisional : pribahasa n sindiran
  c) pertanyaan tradisional ( teka teki)
  d) sajak n puisi rakyat : pantun n syair
  e) crita prosa rakyat, dbgi dlm 3 golongan bsr yaitu : mite (myth),legenda(legend),n dongeng
  f) nyanyian rakyat :
2) Folklore sebagian lisan dknal jg sbg fkta sosial (sosiofact) yg mliputi :
   a) kpercyaan n takhayul
  
b) Prmainan n hiburn rkyat stempat
  c) Teater rakyat
  d) Tari rkyat
  e) Adat kbiasaan
  f) Upacara tradisional
  g) Pesta rakyat tradisional
3) Folklore bkn lisan jg dknal sbg artefak yg mliputi :
  a) arsitektur bangunan rmh yg tradisional
  b) seni krajinan tgn tradisional



c) pkaian tradisional
  d) obat2n rakyat
  e) alat2 musik tradisional
  f) praltn n snjata yg khas tradsional
  g) mkann n minumn khas daerah





b) Mitologi
  mitos or mite(myth) : crita prosa rkyat yg dtkohi o/para dewa or makhluk stngh dewa yg trjd ddunia lain (kayangan) pd masa lampau n dianggap bnr2 trjd o/ yg empunya crita/penganutnya
c) Legenda :
  crita prosa rakyat yg dianggap o/ yg empunya crita sbg suatu yg bnr2 trjd. OKI lgenda sring kali dpndang sbg sejarah kolektif (folkstory)


Jan Harold Brunvand mggolongkn legenda mjd 4 klmpok yaitu :



1) Legenda keagamaan (religious legends)
  legenda orang2 yg di anggap suci/saleh
2) Legenda alam gaib ( supernatural legends )
  biasanya berbntuk kisah yg dianggap bnr2 trjd n pnah di alami seseorang. Fungsiny adlh u/ mneguhkn kbnran takhayul/kpercayaan rakyat
 




3) Legenda perseorangan ( personal legends )
  mrpkn crita mgenai tkoh2 ttntu yg di anggap bnr2 trjd
4) Legenda setempat ( local legends)
  adlh crita yg berhubungn dgn suatu tmpat,nama tmpat,n bntuk topografi, yaitu bntuk permukaan suatu tmpat, brbukit2,berjurang dsb





dongeng adlh cerita prosa rakyat yg tdk di anggap bnr2 trjd     ( dongeng dcritakn u/ hiburn,ada jg yg mlukiskn kbnran, berisikn plajrn moral,bhkn sindirn)
  1) dongeng biasa : jnis dongeng yg dtokohi mnusia n biasanya adalh kisah suka duka seseorang
  2) dongeng binatang : yg dtkohi oleh binatng, baik bnatang pliharaan maupun binatang liar



1) Upacara perkawinan
      upacara ini telah dilakukan dr dlu smpe skrng,perkawinan mempertemukan dan mgawali hubungan keluarga,masing2 daerah mempunyai adat sendiri
2) Upacara pengukuhan
       krn kepala suku memegang peranan penting sebagai pelindung kelompok dari berbagai ancaman n hrs ahli dlm upacara pmujaan,pnempatn rmh,n pmbukaan ladang



3) Upacara penguburan
      merpkn bntuk upacara yg prtma kali dikenal dlm khidupn sblm mgenal tulisan,upacara pguburan mmunculkan kpercayaan bhwa roh orang mninggal akan pergi ktempat yg tdk jauh dr lingkungn dmn ia pnah tinggal  
Lagu rakyat Adlh slh satu bntuk folklore yg trdiri dr kta2 n lagu, yg beredar scr lisan diantara masy trtentu n brbntuk trdsional serta bnyk mmliki varian


Perkembngn sejarh masy stlh mengenal tulisan



Pngaruh kebudyaan Hindu Budha
a) Bhasa n tulisan yaitu prasasti
1)Prasasti kerajaan Kutai
       terletak diskitar aliran sungai Mahakam, Kaltim. Prasasti ini berbntuk tugu/yupa yg berbhasa sanskerta n huruf pallawa dlm slh satu prasasti dinyatakan dlm nama2 raja sprti Kudungga,Aswawarman,n Mulawarman sbg prigatn upcara kurban
 




2) Prasasti kerajaan Tarumanegara
      a) prasasti ciaruteun/ciampea (Bogor)
      b) prasasti kebun kopi (Bogor)
      c)  prasasti tugu (Cilincing,Jakarta)
      d) prasasti muara cianten ( Bogor )
      e) prasasti jambu ( leuwiliang )
      f) prasasti lebak ( banten )



3)Prasasti kerajaan Sriwijaya
      a) prasasti kedukan bukit
      b) prasasti talang tuwo
      c) prasasti telaga batu
      d) prasasti kota kapur
      e) karang berahi



4)Prasasti kota Kapur n Karang berahi
      isi prasasti mbwa pd ksimpulan :
a)Prasasti kedukan bukit,talang tuo,telaga batu yg ditemukan di dkt palembang mnceritakn brdirinya krajaan sriwijaya pd thn 683 M
b)Prasasti kota kapur n karang berahi yg dtmukan di Bangka n Jambi mncritakn wilayah kekuasaan Sriwijaya smpai ke pulau bangka n Melayu 




b) Seni sastra (kesusastraan)
     pd awalnya karya sastra ini dtulis di atas daun lontar yg bila rusak sll dperbaiki, krya sastra ini brbentuk puisi,kakawin,prosa
Karya sastra yg dmksud antara lain :
1)Kitab kakawin bharatayudha
2)Kitab kakawin hariwangsa & gatotkacasraya
3)Kitab sutasoma dll



Krya sastra babad adalah
1)Babad tnah jawi
2)Sejarah melayu
3)Babad cirebon
4)Bustanul salatin
5)Babad giyanti



Karya sastra berupa syair pninggalan sejarah islam di Indonesia
1)Syair abdul muluk
2)Gurindam dua belas
3)Suluk sukarsah
4)Suluk wijil
5)Suluk karya hamzah fansuri
6)Suluk malang sumirang


Perkembangan pnulisan sejarah Indonesia



Scr garis bsr ada 4 jnis pnulisn sejarah Indonesia
a)Pnulisan sejarah (historiografi) tradisional
      dlm historiografi tradisional trjalinlah dgn erat unsur-unsur sastra,sbg karya imajinatif n mitologi sbg pndangan hidup yg dkisahkn sbg uraian peristiwa pd masa lampau,trcermin dlm babad/hikayat




) Pnulisan sejarah (historiografi) kolonial
     historiografi kolonial ini tdk lepas dr kpentingan pguasa kolonial, dengan sendirinya mnonjolkn peranan bngsa Belanda n mmberi tekanan pd aspek politik n ekonomi
c) Pnulisan sejarah (historiografi) nasional
    pnulisan sejarah yg mgungkapkn kberadaan bngsa Indonesia setelah Indonesia merdeka



d) Pnulisan sejarah (historiografi) modern 
     yg mndorong tumbuhnya historiografi modern ini adalh :
   1) ktepatan teknik dlm usaha untuk mndptkn fakta sejarah scermat mungkn
    2) mngadakan rekontruksi sbaik mungkn serta mnerangkannya stepat mgkin


Prosedur kerja sejarawan u/mnuliskn kisah masa lampau brdsrkn jejak yg dtinggalkn o/msa lmpau



1.Mncari jejak masa lampau
2.Mneliti jejak2 scr kritis
3.Berdsrkn info yg dperoleh dr jejak2 itu brusaha mmbayangkn bgaimn gmbrn msa lampau
4.Mnyampaikn hsil2 rekontruksi imajinatif msa lampau itu,sehingga sesuai dgn jejak2 nya maupun imajinasi ilmiah



Seorang sejarawan pemula dpt berpengang pd empat prangkat prtanyaan yaitu



1)Perangkat pertanyaan brsifat geografis (di mana)
2)Prangkat pertanyaan bersifat biografis ( siapa)
3)Prangkat pertanyaan yg brsifat kronologis (kpn/ bgaimna)
Prangkat prtnyaan yg bersifat fungsional/okupasional (apa/ lingk. Mnusia mna yg paling mnarik


Cara kerja or langkah2 metode sejarah antara lain




1)Heuristik
      adlh metode pnelitian yg cermat u/ mnghimpun jejak2 sejarah or mngumpulkn dokumen2 agar dpt mngetahui pristiwa bersejarah msa lmpau
2)Kritik or analisis
       metode u/ mnilai sumber2 yg kita btuhkan guna mngadakan pnulisn sejarah
3)Interprestasi
       pnafsiran kmbali trhdap suatu pristiwa sejarah lalu mmberikan pndangan/pndapat teoritis yg ilmiah
4)Historiografi
        pnulisan sejarah
B.Mnerapkan prinsip sbab akibat dlm pnelitian sejarah lisan

Sejarah lisan mpunyai klebihan sbg brikut :
1.Pngumpulan data dlm sejarah lisan dilakukan dgn komunikasi 2 arah,shingga mmungkinkn sejarawan dpt mnanyakan lngsung bag. Yg krg jls pd narasumber
2.Pnulisan sejarah mnjd lbih demokratis krn mmungkinkan sejarawan u/ mggali informasi dr smua golongan rakyat
3.Mlengkapi kkurangan data/info yg blm trmuat dlm dokumen


Kekurangan sejarah lisan :
    1. trbatasnya daya ingat seorang pelaku/saksi sejarah trhadap suatu peristiwa
    2. subyektifitas dlm pnulisan sejarah sgt tinggi
hal2 yg perlu dperhatikan dlm mlakukn pnelitian sejarah lisan sbb :
    1. sumber dr pelaku sejarah 
        mrk yg terjun/berkcimpung lngsung dlm sebuah pristiwa sejarah

2. Sumber dr saksi sejarah
     seseorang yg prnah mnyaksikan/mlihat sebuah pristiwa ktika berlngsung
3. Tmpat pristiwa sejarah
     dpt berupa nama jln,gedung,gunung,jembatan,sungai,lapangan,
     alun2,desa,kabupaten or kota
4. Latar belakang pristiwa sejarah
     adalh penyebab pristiwa sejarah terjd n berlngsung
5. Pengaruh serta akibat dr pristiwa sejarah
     dgn mngetahui seluk beluk sejarah kita akan lbih bijak dlm mlihat n myikapi sgala pristiwa yg telah n sdang trjd

C. Prinsip kronologis dlm kajian sejarah

Kronologi dlm pristiwa sejarah dmulai dgn pnyajian mngenai latar blkang terjdnya suatu pristiwa, di ikuti dgn proses trjdnya pristiwa, & di akiri dgn deskripsi mngenai akibat pristiwa mnurut urutan tanggal,bln,taun.
Untuk mndptkn pmahamn yg baik mk dlm mmpelajari sejarh hrs diperhtikn urutan kjadian or kronologinya

Periodisasi
-pembagian zaman,periode,masa bdsrkan ciri” budaya yg kuat
-Rangkaian peristiwa mnrut urutan jamannya
-Pengelompokan pristiwa sejarah ke dlm jamannya


Kronologi
-Penyusunan sjumlah kjadian/pristiwa mnrut urutan wkt nya
-Urutan pristiwa sejarah yg trjdi
Historiografi : penulisan sejarah
-Histori : sejarah
-Grafi : penulisan

Periodisasi dlm ilmu sejarah indonesia :
1)Jaman prasejarah (jaman proto)
2)Jaman sejarah
Jaman prasejarah : jaman manusia sblm mngenal tlisan

Pnelitian zaman prasejarah brdsrkn pd pningalan benda2 purbakala yg mcamnya :
1.Artefak : smua benda yg jls mperlihatkn hsil garapn sebagian/seluruhnya sbg pengubahan sumber alam o/tangan mnusia
2.Fiture : artefak yg tdk dpt dipindahkn tnpa mrusak tmptnya
3.Ekofak : benda dr unsur lingk. biotik n abiotik

4) Situs : bidang tanah yg mngandung pninggalan purbakala
Zaman sejarah trbgi mnjd 3 zaman yaitu :
1)Zman kuno dmlai sjak krajaan trtua smpai abad ke 14 dmasa2 berkmbangnya kebudyaan Indonesia yg dipgaruhi agama hindu n budha
2)Zman Indonesia baru mlai abad ke 15- abad 18 yg mbicarakan msa brkmbangnya budaya islam pd abad 18 

3) Zaman indonesia modern dmlai sejak pmerintahn Hindia Belanda, Indonesia merdeka – sekarang
Kronologi  dlm ilmu sejarah Indonesia
Dsr yg dgunakan dlm penyusunan kronologi menyangkut bbrapa aspek d antaranya :
a.Prkmbangan pradabn
b.Segi kbudayaan
c.Agama yg msuk Indonesia
d.Penguasa yg mmgang kndali pmerintahan
 

Cntoh kronologis kdtangan bngsa Spanyol n Portugis ke Indonesia :
a)Thn 1511 Portugis mndarat di Malaka dipimpin o/ Alfonso d’Albuquerque
b)Thn 1512 Portugis tlah brhsil mnduduki Maluku
c)Thn 1521 Spanyol tiba di kepulauan Maluku dbwah pimpinan Sebastian d’ Elcano

d) Thn 1529 dilakukan prjanjian Saragosa yg brisi pmbagian kkuasaan antara Portugis n Spanyol
Historiografi  dlm ilmu sejarah :
1)Historiografi tradisional
  - pd awalnya pnulisn sejarah dipicu o/ prtanyaan ttg jati diri n asal usulnya
  - mlailh sebagian org mnuliskn n mndokumentasikn brbagai mcm pristiwa dlm brmcm2 bntuk
 

- krn sejarah itu penting
- mrk kmdian mncritakan pd gnerasi brikutnya agr mrk mengetahui jati dirinya mskipun tdk seakurat skrang
2) Historiografi kolonial
     pnulisn historiografi ini tdk lepas dr kpntingan kolonial ( pmerintahn kolonial Belanda brkuasa di Ind). Misalnya dlm sudut pndang kita perlawanan P. Diponegoro br7an mnegakkn keadilan, kbenaran, n cinta tnah air sdangkn dr sudut pndang mrk danggap sbg penghianatn n pmberontkn, dgn dmikian pnulisan trgntung dr pihak mn yg menlis


Historiografi modern :
Mnerapkn metode yg kritis dgn teknik pnelitian n pengunaan ilmu2 bntu, scr berthap ilmu2 bntu brmunculn mlai dr epigrafi smpai dgn numismatik dsb. u/ mndptkan sumber2 yg akurat,agar pd saat mlakukan rekontruksi mndpt ksimpuln yg tpat.

Historiografi nasional :
Mncul stlh rvolusi kmerdekaan Ind. Dgn mksud 1) mnganti n mrevisi brbagai pnulisan sejarh yg dilakukan pd zman kolonial Belanda, brsifat mnonjolkn kpentingan pnjjah sja. 
  2) mnuliskan brbgai pristwa sjarh yg di alami bngsa Ind. Agar bngsa kita mpnyai jati diri n identitas nasional

Dari bahasa arab : syajaratun ->pohon kayu
Pohon -> simbol kehidupan
Bahasa arab lain yg artinya hampir sama dgn syajaratun diantaranya adalah :  
1)Silsilah : keluarga & nenek moyang
2)Riwayat :cerita yg diambil dr kehidupan seseorang/ keluarga
3)Hikayat : cerita ttg khdupan mnusia, sbg objeknya (biografi)
4)Tarikh/kisah : cerita ttg kjdian yg bnr2 tjd pd msa lampau

1)Bhs Jawa : babad (memangkas)
2)Bhs Minang : tambo
3)Bhs Inggris : history
4)Bhs Jerman : geschichte
5)Bhs Belanda : gechiedenis
6)Bhs Prancis : historie/ I’hisrorie
7)Bhs Rusia : istorya



Menurut beberapa ahli :
1)Edward H. C : suatu proses interaksi antara sejarawan dgn fakta2 yg ada pdnya
2)Robert V.D : kenangan dr tumpuan masa silam
3)John Tosh : memori kolektif, sumber pengalaman melalui pengembgn suatu rsa identitas sosial & prospek orang2 pd masa yg akan dtang
4)J.Bank : smua kjadian /peristiwa masa lampau 
E

Beverley Southgate : suatu studi masa lampau,
6) Robin Wink : studi ttg manusia dlm khidupan masy.
7) Sir Charles Fith : rekaman perubahan masy.yg terus mnerus




Sejarah sbg kisah : crita brupa narasi yg disusun dr memori,kesan, atau tafsiran mnusia trhadap kjadian/pristiwa yg trjd pd msa lmpau/sjarah serba subyek
Secara tulisan,kisah dpt dilihat dlm bntuk buku,majalah/surat kbr
Secara lisan,kisah dpt diambil dr ceramah, perckapn/plajaran di sekolah




Sejarah sbg kisah dpt diartikan sbb :
a)Aliran sejarah yg ingin mnjlskn sejarah yg brkaitan dgn motivasi manusia yg hidup pd wkt lampau
b) Sejarah yg dikisahkn o/ si pnutur sejarah baik sejarawan maupun si penyaji sejarah sbg peristiwa yg lainya
c) Sejarah yg bersifat subyektif,yaitu sejarah yg tlah mndptkan pnafsiran dr penyusun cerita sejarah (sejarawan/historicus)





Contoh subyektivitas dlm sejarah kisah
Ketika mewawancarai antara orang yg
1)Prnah mgalami/mlihat BLA
2)Slh seorang prajurit yg trlibat perang BLA
Berdsrkn pnuturan kedua orang trsbut pasti trdpt perbedaan, perbedaan itu muncul krn si pnutur mberikn keterangn trhdap pristwa yg di ucapkn



1.Sumber sejarah
  mnrt Moh.Ali adh : sgala s’suatu yg brwjud n tdk brwjud yg brguna bgi pnelitian sejarah sjak jman purba- sekarang
  mnrt Moh.Yamin : kumpuln bnda kbudyaan u/mmbuktikan sejarah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Pages

| Re-designed by Pemira PKN STAN